Aki mobil merupakan salah satu komponen penting dari mobil. Fungsi aki adalah untuk menyalurkan daya listrik ke bagian mobil lainnya seperti lampu, starter serta bagian – bagian lainnya. Sebagian besar pemilik mobil biasanya kurang memperhatikan bagian penting ini. Pemilik mobil seringkali lupa untuk merawat aki mobil nya. Pada dasarnya aki mobil perlu di cek dan dirawat secara rutin agar bisa awet dan tidak menjadi kendala di kemudian hari.

Cara Merawat Aki:

11  Periksa Terminal Aki

Pastikan terminal aki tidak berkarat, tidak berjamur dan juga tidak longgar. Bila terminal aki mobil anda berkarat atau berjamur harus segera dibersihkan. Caranya sangatlah mudah yaitu dengan menyiramkan air panas ke terminal aki, setelah itu mulailah membersihkan karat atau jamu pada terminal aki tersebut.

 

Bila terminal aki mobil kendor, coba untuk mengencangkannya. Mungkin saja terminal aki anda sudah tidak dapat dikencangkan lagi, untuk mengatasinya terminal aki harus diganti dengan yang baru.

 

2.     Periksa Jumlah Air Aki

Air aki perlu diperiksa secara rutin sebulan sekali. Bila air aki kurang atau berada di bawah garis low level segera tambahkan air aki. Aki yang air akinya dibiarkan kurang akan menimbulkan masalah, aki akan tekor dan kendaraan susah atau bahkan tidak dapat dihidupkan.

 

3.     Panaskan Mobil

Sebaiknya mobil yang jarang digunakan dipanaskan setiap hari. Kapasitas aki akan berkurang walaupun mobil tidak digunakan. Ini penyebab mengapa mobil yang tidak digunakan dalam jangka waktu lama akinya menjadi tekor dan tidak mampu digunakan untuk menghidupkan mobil anda. Proses memanaskan mobil anda hanya diperlukan sekitar 20 menit setiap harinya.

 

4.     Menghidupkan Mesin Mobil Tanpa Beban

Hindari menghidupkan mobil ketika lampu utama, radio, ac maupun perangkat lainnya dalam keadaan menyala.

 

5.     Memeriksa Kondisi Aki

Aki mobil yang telah digunakan lebih dari 1 tahun sebaiknya diperiksa kondisinya menggunakan alat yang dinamakan battery load tester. Dengan alat ini bisa diketahui apakah kualitas aki mobil anda masih baik atau sudah waktunya diganti. Pemeriksaan aki yang sudah lama akan menghindarkan anda dari kejadian yang tentunya tidak anda inginkan, mobil mogok karena tidak bisa di starter.