Hindari biaya perbaikan mobil dengan transmisi otomatis. Ikuti tips ini agar trasmisi otomatis mesin anda awet:

1. Cek Oli Transmisi secara berkala. Hampir di semua jenis mobil memeriksa oli transmisi sangatlah mudah, hampir seperti cara memeriksa oli mesin. Saat posisi mesin mobil idling angkat dipstick oli transmisi. Bersihkan oli dari dipstick, masukkan kembali dipstick di tempatnya hingga sempurna, tunggu sebentar lalu tarik kembali. Lihat oli level, pastikan oli level sesuai. Selain itu cek juga warna oli transmisi, harus berwarna merah terang. Bila oli telah berwarna gelap, sebaiknya bawa mobil ke bengkel untuk di cek.

2. Selalu gunakan Oli Transmisi yang tepat. Baca buku manual untuk mengetahui jenis oli transmisi yang cocok bagi kendaraan anda. Apabila setelah membaca buku manual anda masih tidak yakin, bawalah kendaraan anda ke bengkel untuk pergantian oli transmisi yang tepat.

3. Service Engine Cooling System. Cooling System pada mobil anda berfungsi agar mesin mobil terhindar dari overheating. Selain untuk menghindari mesin mobil dari overheating, Cooling System di mobil juga berfungsi agar oli transmisi yang mengalir ke gearbox dingin. Pastikan Cooling System di mobil berfungsi secara optimal.

4. Pergantian Oli Matic Berkala dan Flushing. Kapan tepatnya oli matic harus diganti secara berkala tertera di buku manual, namun secara umum sebaiknya transmisi mobil di flushing sekali setahun. Seberapa lama oli transmisi di mobil anda dapat digunakan tergantung dari pemakaian mobil anda.

5. Jangan Mengganti Gigi saat mobil masih bergerak. Tunggu mobil sampai benar - benar berhenti sebelum mengganti gigi dari maju ke mundur maupun sebaliknya dari mundur ke maju. Pergantian gigi saat mobil masih berjalan akan memberikan tekanan yang tinggi pada sistim transmisi mobil. Dan bila dilakukan secara terus menerus akan berakibat fatal pada sistem transmisi mobil.

6. Panaskan Mobil sebelum  digunakan. Pastikan mesin mobil telah panas sebelum digunakan.

7. Ganti Transmisi Filter secara berkala. Mungkin sistem transmisi mobil anda menggunakan filter dan itu perlu diganti secara berkala. Tergantung dari model dan tahun pembuatan mobil anda. Untuk mobil keluaran terbaru kemungkinan besar tidak menggunakan sistem filter di transmisinya.

8. Periksa Transmisi setahun sekali. Pengecekan secara berkala transmisi dari kebocoran atau gangguan lainnya. Serta cek juga oli transmisi level, warna secara berkala untuk memastikan semuanya dalam kondisi baik.